Hari Raya Idul Adha 1441 H, PTBA Serahkan Bantuan 89 Ekor Sapi Qurban Senilai Rp 1,33 Miliar

0
14
Tampak SM CSR PTBA, Zulfikar Azhar saat menyerahkan hewan qurban Sapi dari Direktur SDM PT Bukit Asam Tbk, Joko Pranomo ke pengurus masjid Al Kurnia RT 14 Desa Tegalrejo,Kecamatan Lawang Kidul,Kabupaten Muara Enim,Sumsel, Kamis (30/7/2020).

TANJUNG ENIM I SINARSUMSEL –  Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, PT Bukit Asam Tbk menyerahkan bantuan berupa 89 ekor sapi kurban senilai Rp 1,33 Miliar kepada masyarakat di sekitar perusahaan Bukit Asam, yang di koordinir Satuan Kerja (Satker) Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA.

Sapi kurban ini disebar di wilayah lima kecamatan, meliputi Lawang Kidul, Muara Enim, Tanjung Agung, kabupaten Muara Enim ,serta Kecamatan Merapi Barat dan Merapi Timur kabupaten Lahat.

Ada sebanyak 75 ekor sapi dari jumlah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur Operasi dan Produksi PT Bukit Asam, Hadis Surya Palapa kepada Plt. Bupati Muara Enim, Juarsah, Kamis (30/7/2020).

Senior Manager (SM) CSR PT Bukit Asam, Zulfikar Azhar, dalam sambutannya saat pencerahan secara simbolis sapi qurban milik Direktur SDM PTBA, Joko Pranomo di Masjid Al-Kurnia RT 14 Desa Tegalrejo,Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Kamis (30/7/2020) menyampaikan, tahun ini total qurban sapi yang diberikan perusahaan dan anak-anak perusahaan,termasuk jajaran direksi yaitu dengan total keseluruhan ada 89 ekor sapi.

“Permohonan maaf sebelumnya dari pak Dipro hari ini tidak bisa hadir untuk menyerahkan penyerahan secara simbolis. Untuk hewan qurban di masjid Al Kurnia RT 14 Desa Tegalrejo ini adalah sapi qurban dari keluarga besar pak Joko Pranomo, Direktur SDM kami. Jadi satu ekor sapi dari beliau dan mohon di terima semoga menjadi nilai ibadah beliau sekeluarga dan bisa bermanfaat bagi jama’ah di sekitar masjid Al-Kurnia. Dan nanti juga secara berbarengan ada hewan qurban sapi dari PT SBS ke wilayah RT 14 Desa Tegalrejo juga, tapi di masjid yang berbeda,”ujar SM CSR, Zulfikar Azhar dalam kesempatan tersebut.

“Termasuk punya anak perusahaan, PT SBS 2 ekor, BSP 2 ekor,dan dari direksi ada 2 ekor. Jadi ada 2 ekor dari jajaran Direksi, kalau tahun lalu mungkin ada 6 jajaran direksi yang berqurban di kabupaten Muara Enim, ya mungkin dibagilah kira-kira seperti itu,”tambah Zulfikar.

“Nah, jadi mohon jangan dilihat nilainya, tapi inilah bentuk kepedulian PT Bukit Asam, bahwa PTBA itu ada di Tanjung Enim dalam bentuk qurban. Sebagai bentuk partisipasi kami dari keluarga besar Bukit Asam, baik dari PTBA sendiri sebagai induk maupun anak cucu perusahaan, dan mungkin ada juga pegawai atau karyawan/i PTBA yang berqurban pribadi di sini,”pungkasnya.

Masikun, atas nama pengurus Masjid Al Kurnia RT 14 Desa Tegalrejo mengucapkan terima kasihnya kepada manajemen perusahaan PTBA yang telah membantu masyarakat khususnya di lingkungan RT 14 Desa Tegalrejo.

“Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih tak terhingga, khususnya kepada manajemen PTBA, dalam hal ini pihak Satker CSR nya yang telah menyerahkan 1 ekor sapi qurban yang saat ini ada di hadapan kita. Ya, mudah-mudahan ini bisa sedikit membantu masyarakat di lingkungan sekitar masjid Al Kurnia RT 14 Desa Tegalrejo. Semoga bisa mengobati dampak dari adanya aktivitas tambang yang selama ini dirasakan masyarakat RT 12, yang wilayahnya bersentuhan langsung dengan penambangan PT Bukit Asam, tepat nya tambang Bangko Barat. Jadi dengan adanya bantuan ini bisa sedikit menurunkan tengsi dari masyarakat yang terdampak, karena telah di berikan perhatian dan bantuan se ekor sapi,”tutur Masikun.

“Kita masyarakat Desa Tegalrejo, khususnya warga RT 14 mendoakan kepada perusahaan PT Bukit Asam dan PT SBS semoga kedepan semakin maju, jaya dan berkembang bersama lingkungan dan masyarakat di sekitar, serta mendapatkan keberkahan dan ridho dari Allah SWT,”tambahnya lagi.

Sedangkan, Suparjo Ketua Masjid Jami Al Fatah RT 14 yang menerima hewan qurban dari PT SBS, juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada manajemen PT SBS.

“Atas nama ketua Masjid, saya ucapkan terimakasih partisipasi dari bapak-bapak, khususnya dari pada pemimpin perusahaan. Mudah-mudahan kebersamaan bapak kepada masyarakat khususnya di lingkungan RT 14 ini, baik di lingkungan masjid Al Kurnia dan masjid Jami Al Fatah, menjadi satu bagian dari pada warga masyarakat khususnya di RT 14 desa Tegalrejo, yang juga bersentuhan langsung dengan tambang. Mudah-mudahan, perusahaan yang di pimpin oleh bapak selalu sehat, maju dalam produksinya dan apa yang di cita-citakan perusahaan akan terwujud, dari apa yang dinikmati kebahagiaan perusahaan itu sendiri,”tutupnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tegalrejo Teguh Priono mengucapkan terima kasihnya atas bantuan dari pada pihak perusahaan Bukit Asam dan PT SBS, yang mana telah memberikan bantuan qurban sapi, untuk di masjid-masjid yang berada di wilayah seputar tambang.

“Mudah-mudahan sedikit membantu dan bisa bermanfaat bagi warga desa Tegalrejo, khususnya di wilayah RT 14, dan dua ekor sapi untuk di masjid lainnya di desa Tegalrejo. Semoga kedepannya PTBA dan PT SBS semakin maju dan melebarkan sayapnya,”ujarnya singkat saat diwawancarai awak media ini.

Hadir diacara penyerahan hewan qurban tersebut, Presiden Director PT SBS, FX Sigit Hery Basuki, didampingi jajaran manajemen lainnya, Manajer Humas, Komunikasi dan Administrasi Korporat, Iko Gusman dan Saman,serta Syamsuir Ketua Koordinator Pendistribusian Hewan Qurban Sapi, dari CSR PTBA. (HAI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here