Inspektorat OI Siap Pantau Pembangunan Desa

0
64

INDRALAYA,SINARSUMSEL.COM-Guna mengantisipasi penyalagunaan anggaran di pedesaan, pihak Inspektorat siap memantau perkembangan pembangunan di desa-desa. Termasuk kepala desa (kades) juga diimbau agar tidak bermain-main dengan dana desa yang telah dikucurkan pemerintah.

Hal ini ditegaskan Inspektur Pemkab Ogan Ilir Ridhon Latief, terkait dengan adanya oknum kades yang terjerat kasus hukum sehingga ditahan aparat Kejaksaan Negeri (kejari) Ogan Ilir (OI) belum lama ini. “Saya sangat prihatin dengan kejadian Kades Sunor Kecamatan Payaraman, AF (50) yang dijemput paksa Kejari OI karena diduga korupsi terhadap dana Pendapatan Asli Daerah (PAD) sepekan lalu,”katanya.

Mantan Kabag Humas Pemkab OI ini menghimbau kepada para kepala desa jangan main-main dengan anggaran desa, supaya terhindar dari jeratan hukum. “Gunakanlah anggaran dengan tujuan yang jelas , tepat sasaran dan transparan, saya berpesan kepada aparat pendamping desa untuk bekerja sebagai mana mestinya dalam mengelola pembangunan yang ada di desa-desa , kami akan terus menerus memantau dan mengawasi pembangunan di desa,” jelasnya.

Saat disinggung terkait penahanan oknum kades tersebut, Ridhon mengatakan
pihak inspektorat tetap menghormati proses hukum yang ada, itu sudah dalam rananya kejaksaan negeri. “kita lihat saja nanti perkembangannya bagaimana, ” katanya, Seraya menjelaskan bila lembaga inspektorat merupakan unsur pengawas kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pengawasan pembangunan secara umum.(Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here