Kabupaten Muara Enim Terima Dividen Rp 7,5 miliar dari Bank Sumsel Babel

0
10
Tampak suasana RUPS, PT. Bank Pembangunan Daerah atau Bank Sumsel Babel di Hotel Novotel, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (9/3/2020).

MUARA ENIM l SINARSUMSEL – Pemerintah Kabupaten Muara Enim,Sumatera Selatan sebagai salah satu pemegang saham, saat ini membukukan jumlah saham sebesar Rp 54,5 milyar yang terdiri dari 41 lembar saham dengan nominal Rp 41,2 milyar ditambah dengan agio sebesar Rp 13,3 milyar. Angka tersebut menjadikan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebagai pemegang saham dengan posisi setoran saham terbesar kelima dari 27 pemegang saham yang ada.

Sekda Muara Enim, Ir H Hasanuddin MSi (kiri) di dampingi Kepala Kantor Cabang Bank Sumsel Babel Muara Enim, Benney Maryanto saat berfoto bersama

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim, Ir. H. Hasanudin, MSi, atas nama Bupati Muara Enim menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung atau Bank Sumsel Babel di Hotel Novotel, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (9/3/2020).

Dalam sambutannya, Komisaris Utama Bank Sumsel Babel, Ir. Eddy Junaidi melaporkan realisasi keseluruhan aset sepanjang tahun buku 2019 mencapai Rp 27,983 triliun atau tercapai 104,66% dari target yang ditetapkan. Total aset ini mengalami peningkatan sebesar Rp 2,3 triliun atau 9% dibandingkan tahun 2018 lalu, sedangkan untuk laba terealisasi sebesar Rp 489 miliar atau tercapai 103%. Jika dibandingkan pada tahun sebelumnya, maka pencapaian laba 2019 ini terjadi peningkatan sebesar Rp 41,5 miliar atau naik 9,28%.

Berdasarkan hasil keputusan rapat, jumlah dividen (pembagian laba perusahaan) ditetapkan sebesar 50% dengan total nominal Rp.181,5 milyar. Dengan demikian besaran dividen tahun buku 2019 yang diterima Kabupaten Muara Enim, yaitu sebesar Rp 7,5 milyar. Jumlah tersebut lebih besar 9,3%  dari pada tahun sebelumnya. Dividen ini akan disetorkan langsung ke kas daerah sebagai penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2020.

Sekda Muara Enim sendiri menyambut baik pembagian dividen yang telah ditetapkan. Ia berharap sinergisitas hubungan kemitraan Bank Sumsel Babel dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebagai pemegang saham dapat lebih optimal untuk memberikan sumbangsih dalam pembangunan Kabupaten Muara Enim.

Sementrara itu, Kepala Kantor Cabang Bank Sumsel Babel Muara Enim, Benney Maryanto mengharapkan dapat terealisasinya penambahan saham Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebesar Rp 25 milyar hingga tahun 2022 mendatang yang saat ini telah diajukan dan dibahas pada Badan Anggaran DPRD Kabupaten Muara Enim sehingga dapat menstimulus penerimaan dividen yang lebih signifikan.(HAI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here