Plt. Bupati Muara Enim Juarsah, Minta Penerapan Tatanan Baru “New Normal” Harus Sesuai dengan Protokol Kesehatan

0
9
Plt. Bupati Muara Enim, H.Juarsah, SH bersama Forkopimda melaksanakan Rapat Evaluasi Gugus Covid-19, bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekundang, Selasa (16/6/2020).

MUARA ENIM I SINARSUMSEL –┬áPlt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Muara Enim melaksanakan Rapat Evaluasi Gugus Tugas Covid-19.┬áRapat juga diikuti oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Muara Enim yang bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekundang, Selasa (16/6/2020).

Tampak Suasana Rapat Evaluasi Gugus Tugas Covid-19, yang juga diikuti oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Muara Enim

Dalam penyampaiannya Plt Bupati Muara Enim mengatakan, dalam penerapan Tatanan Baru atau New Normal harus sesuai dengan protokol kesehatan, terkhusus dalam memaksimalkan sosialisasi penegakan aturan Covid-19 tidak boleh kendor, serta penyiapan alat kesehatan harus siap tersedia baik itu PCR, Swap Test ataupun Rapit Test.

Plt. Bupati juga menegaskan kepada semua perangkat daerah untuk menyiapkan kesiapannya dalam menyusun “New Normal” terlebih mempersiapkan instrument kesehatan untuk menggelar tatanan baru new normal agar betul dan siap dalam melaksanakan new normal tersebut.

Ditambahkannya, terhadap penerapan new normal jika sudah siap, baik itu sekolah dan tempat keramaian lainnya protokol kesehatan harus benar-benar terlaksana dengan maksimal.

Juarsah menegaskan, untuk dinas terkait dalam penyaluran bantuan sembako di tingkat kelurahan segera dipercepat, selepas pembagian ditingkat kelurahan akan dilanjutkan ke tingkat desa yang akan disasarkan bagi masyarakat yang belum tersentuh bantuan.

Plt. Bupati juga mengatakan, dalam waktu dekat akan melaksanakan lomba desa tangkal Covid-19. “Sebagaimana yang telah dilaksanakan pada desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang, maka akan kita perlombakan bagi desa yang ada di Kabupaten Muara Enim. Lomba ini mengedepankan bagaimana cara desa untuk bisa memperdayakan masyarakat agar bisa memperkuat desanya baik pangan, dan ekonomi desa untuk mandiri ditengah pandemi Covid-19,”jelasnya.

Dalam pelaksanaan rapat evaluasi ini, masing-masing bidang melaporkan pencapaian yang telah dilaksanakan pada penaganan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim.

Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Inf Syafruddin menambahkan, bahwa dalam penerapan tatanan baru tidak boleh lengah, karena new normal adalah hidup dengan lebih produktif, dan mulai dengan protokol kesehatan, baik itu penggunaan masker yang diwajibkan, dan berjaga jarak, serta cuci tangan tetap terjaga.

“Sosialisasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan harus perlu dilaksanakan dengan rutin, jika kita ingin menerapkan new normal,”tutupnya.(HAI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here