Sebanyak 42 Peserta ikuti Seleksi Akademik “BIDIKSIBA” POLINEMA Tahun 2020 di SMK Bukit Asam

0
16
Tampak suasana tes seleksi calon peserta BIDIKSIBA yang dilakukan di Ruang Lab SMK Bukit Asam Tanjung Enim, kabupaten Muara Enim, Sabtu (20/6/2020) pagi.

“Dengan Anggaran Sebesar Rp.6,3 miliar Untuk 50 Orang Peserta”

TANJUNG ENIM l SINARSUMSEL – Setelah sebelumnya melakukan Sosialisasi pelaksanaan program Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam atau BIDIKSIBA tahun 2020, kepada siswa siswi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat khususnya yang berasal dari keluarga kurang mampu di sekitar perusahaan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan Perguruan Tinggi sampai menjadi seorang Sarjana/Diploma melalui program BIDIKSIBa, saat ini sudah memasuki tahapan seleksi calon peserta BIDIKSIBA. Seleksi dilakukan di Ruang Lab SMK Bukit Asam (SMK BA) Tanjung Enim, kabupaten Muara Enim, selama 1 hari yakni Sabtu (20/6/2020) yang dimulai dari pukul 09.00 pagi WIB, dengan difasilitasi oleh pihak kampus Politeknik Negeri Malang (Polinema), sementara untuk proses seleksi Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) sudah selesai dilaksanakan dan sudah dalam proses belajar di kampus.

Sekretaris Panitia, Syamsuir dari CSR PT Bukit Asam saat diwawancarai awak media disela persiapan tahapan seleksi calon peserta BIDIKSIBA tahun 2020.

“Agenda pagi ini kami melaksanakan tes akademik untuk calon peserta BIDIKSIBA di POLINEMA. Pelaksanaan kegiatan tes dilakukan secara online,artinya anak-anak kita ini kita siapkan 4 lokasi yang telah tersedia fasilitas internet nya sehingga nanti mereka langsung bergabung ke web sitenya POLINEMA untuk mengikuti tes ini.

Adapun calon peserta tes dari sekitar wilayah operasi perusahaan di Tanjung Enim, yakni UPTE PTBA, sebanyak 42 orang,” jelas Ketua Panitia Tim Bidiksiba, Yusril Alamsyah melalui Sekretaris Panitia, Syamsuir dari CSR PT Bukit Asam kepada awak media ini disela persiapan tes, Sabtu (20/6/2020).

Dikatakan Syamsuir, untuk kuota yang di butuhkan untuk saat ini yakni 25 orang untuk POLSRI dan 25 orang untuk POLINEMA,namun untuk POLINEMA ini diikuti oleh masing-masing unit kerja di PTBA.

“Jadi ada Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE), Unit Dermaga Kertapati (Derti) di Palembang,Unit Pelabuhan Tarahan (Peltar) di Bandar Lampung, Unit Pertambangan Ombilin (UPO) di Padang, jadi kita akan memberikan kesempatan kepada mereka mana yang masuk untuk passing grade atau batas nilai minimal yang harus di capai untuk 25 orang itu, yang akan kami utus menjadi peserta BIDIKSIBA,”terangnya.

Ditambahkan Syamsuir, dalam kegiatan ini para peserta tes seleksi nantinya sangat tergantung dari hasil tes yang mereka lalui pada saat ini, yakni tes Akademik sebagai penentu lulus tidaknya mereka nanti dalam program BIDIKSIBA tahun ini.

Saat ditanya berapa kali rangkaian tes bagi calon mahasiswa BIDIKSIBA agar diterima/dinyatakan lulus? Hanya satu tahapan yakni pada hari ini untuk seluruh bidang mata pelajaran yang berlangsung selama 120 menit.

Begitupun saat ditanya berapa total anggaran biaya yang disiapkan dalam program BIDIKSIBA tahun ini? bukan untuk tahun ini, tapi biaya yang kami siapkan untuk program BIDIKSIBA angkatan 2020 sampai dengan 2023, kan mereka ini tamatnya sampai 3 tahun, jadi anggarannya sebesar Rp.6,3 miliar untuk 50 orang peserta,”terangnya.

Syamsuir berharap dengan adanya program BIDIKSIBA ini untuk mempersiapkan SDM bagi masyarakat disekitar perusahaan, terutama untuk Masyarakat Berpengasilan Rendah (MBR), karena disini seluruh biaya dalam perkuliahan ini ditanggung oleh CSR PTBA.

Untuk diketahui, program pendidikan BIDIKSIBA ini PT Bukit Asam Tbk kepada masing-masing peserta memberikan bantuan biaya operasional, berupa uang saku, pemondokan, transportasi, uang buku, laptop, dan biaya hingga selesai menempuh pendidikan. Tujuan perusahaan memberikan beasiswa ini adalah untuk mensejahterakan masyarakat miskin yang ada di sekitar operasional perusahaan melalui peningkatan kualitas SDM. Sehingga diharapkan nantinya mampu mengangkat derajat keluarga, menjadi motivasi generasi pemuda yang ada di desanya.

“Program beasiswa BIDIKSIBA dari PTBA dimulai sejak tahun 2013, Alhamdulilah, sampai sekarang kuantitasnya terus bertambah, sesuai dengan kemampuan perusahaan. Untuk angkatan tahun 2019 ini biaya untuk program bidiksiba mencapai 5,4 Milyar rupiah,”terang Ketua Panitia Tim Bidiksiba, Yusril Alamsyah saat program BIDIKSIBA tahun 2019 lalu.

Sementara itu, salah satu peserta yang malu disebutkan namanya mengaku, dengan adanya program BIDIKSIBA dari PT Bukit Asam Tbk ini sangat membantu sekali khusus bagi para pelajar yang telah lulus SMA dan SMK sederajat yang berkeinginan ingin melanjutkan pendidikannya dibangku perguruan tinggi namun terkendala dengan ketidakmampuan ekonomi untuk biaya kuliah, padahal mempunyai potensi akademik yang bagus.

“Masih banyak masyarakat diluar sana yang ingin mendapatkan beasiswa namun jumlah penerimaan masih terbatas. Saya adalah salah satunya peserta program Beasiswa BIDIKSIBA yang ikut seleksi masuk ke POLINEMA dan berharap bisa masuk di jurusan yang sudah saya pilih,”ujarnya.

“Kedepan kak, saya berharap jumlah penerima beasiswa dapat ditambah kuotanya dan mudah-mudahan perusahaan ini dapat terus berkembang, maju dan terus peduli dengan masyarakat di sekitar perusahaan,”ucapnya mengakhiri pembicaraan, sembari menuju ke ruang lab tempat berlangsungnya tes. (HAI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here