Sejak 2014, Ribuan Buku Belum Dikembalikan ke Pusda Sumsel

0
141
Palembang, Sinarsumsel.com – Sejak tahun 2014 lalu sampai sekarang, sebanyak 2.763 buah buku dari berbagai judul di Perpustakaan Daerah Sumatera Selatan belum dikembalikan peminjam.
“Kebanyakan yang belum mengembalikan buku itu dari kalangan mahasiswa, yang paling lama itu ada yang sudah 4 tahun atau 1570 hari ” ungkap Kasi Layanan dan Otomasi Perpustakaan Daerah Sumsel, Noor Laily diruang kerjanya, Rabu (20/2/2019)
Dijelaskan Noor Laily, Untuk jumlah pengunjung di Pusda Sumsel mencapai 6200 and dalam sebulan, dan untuk  syaratnya menjadi anggota terlebih dahulu, Pusda memberlakukan batas waktu peminjaman buku itu selama satu Minggu, kalau masih dipakai, mereka bisa melapor untuk perpanjangan maksimal 2 kali dengan total lama pinjaman selama 21 hari dan untuk 1 orang itu maksimal boleh meminjam 3 buku.
Pihaknya selama ini sudah berbuat banyak untuk mengupayakan, buku – buku itu kembali, seperti melayangkan surat dinas dan upaya jemput bola dengan mendatangi alamat peminjam, namun kebanyakan dari surat dinas itu kembali dan upaya jemput bola pun menemui jalan buntu karena kebanyakan alamat peminjam tidak sesuai dan sudah pulang ke kampung.
“Kalau pun peminjam datang kesini dan mengembalikan buku itu, kami sudah sangat hargai, berarti mereka punya minat baik,” jelasnya.
Kalau dari pihak Pusda, dikatakan Noor, tetap positif thinking saja, selama buku itu belum di kembalikan berarti buku itu masih berguna bagi peminjam, cuma yang pihaknya sayangkan peminjam yang lewat dari aturan.
Kemudian, dikatakan Noor, dari beberapa buku yang telah kembali selama ini, kebanyakan posisi buku itu sendiri sudah pindah tangan atau dipinjamkan lagi dan kalau pun buku tersebut hilang, buku tersebut memang harus diganti oleh peminjam, dengan judul yang sama.
Terkait masalah denda, Noor mengatakan tidak ada lagi denda yang diberlakukan, jadi silahkan saja untuk dikembalikan dan jangan pusing tentang masalah denda itu karena memang tidak ada lagi aturan itu.
“Kami sangat berharap, tolong dikembalikan apabila buku tersebut tidak digunakan lagi, karena mungkin pengunjung lain juga membutuhkan buku – buku tersebut,” tandasnya. (NT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here