Melalui Dana CSR, RGSM Resmi Di Launching

0
6

PALEMBANG|SINARSUMSEL.COM – Melalui dana CSR PT Semen Baturaja (Persero),  sanggar Rumah Gerakan Srikandi Mahardhika yang menaungi Lembaga Pendidikan dan Sosial Pemuda Bersatu secara resmi dilaunching.

Ketua Yayasan Rumah Srikandi Gerakan Mahardhika, Galuh Situresi mengatakan, untuk sanggar RGSM yang menaungi beberapa lembaga pendidikan seperti Srikandi Mahardika serta lembaga sosial dan budaya yang dibuat dalam satu pintu ini nanti akan diperluas titik-titiknya sampai ketingkat Kecamatan.

“Memang kita yang mengkoordinir sanggar-sanggar belajar ini agar terkoordinir dalam satu pintu. Sedangkan untuk Yayasan Mahardika sebagai menaungi serta menurunkan program-program supaya kontrol,” ujarnya, Rabu (18/03/2020).

Untuk perekrutan anak-anak didik, Galuh menjelaskan itu sepenuhnya diserahkan kepada pengurus sanggar terutama dilapangan yang menahui sebenarnya, baik anak-anak sekolah maupun tidak lanjut sekolah.

“Usia anak itu mulai dari umur tingkat SD sampai SMP,  tenaga pengajar secara sukarela dari teman-teman mahasiswa/i dari UIN Raden Fatah , Unsri, Tridinanti, PGRI. Berharap support pemerintah sangat di harapkan, arahan kementerian BUMN melalui CSR agar fokus terhadap pendidikan,” jelasnya.

Ia berharap, selain dari BUMN tapi dari Pemerintah harus menyambut kerjasama ini baik materil maupun moril. Pemerintah dan BUMN sebagai mengembangkan SDM dalam menyambut era 4.0 harus berkualitas, dan itu harus dilatih sejak dini.

Ditempat yang sama, Camat Seberang Ulu II, Rachman H Pane menyambut sanggar seni tari ini sebagai langkah positif dan akan dijadikan contoh untuk dilaksanakan di 6(enam) kelurahan lainnya. Tujuannya, pemberdayaan masyarakat terutama anak-anak remaja putus sekolah sebagai lembaga pelatihan non formal dan butuh peran pihak ketiga melalui dana CSR.

“Sehubungan kegiatan ini bisa dilaksanakan terus kedepan. Kegiatan ini salah satu acara seni yang mengangkat dari kecamatan. Pemerintah kecamatan mensupport penuh baik dari perizinan, komunikasi dengan OPD terkait atau Diknas. Intinya, pihak kecamatan dan kelurahan mendukung positif,” ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan Manajemen PT Semen Baturaja (Persero), menilai sangat positif sekali karena bisa berbagi untuk anak-anak sekitar di 13 Ulu. Sehingga bukan hanya pendidikan formal tapi bisa belajar dengan non formal seperti seni tari, dan puisi yang mungkin keluar secara alami.

“Kami sangat mendukung sekali dan memberikan apresiasi terkait adanya sanggar seni. Insyaallah jika terlihat hasil sangat positif bagi masyarakat sekitar mungkin secara kontinyu memberikan bantuan untuk sanggar ini melalui CSR,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here