Cuaca Buruk’Lion Air JT 720 Long Delay Hingga Empat Jam

0
438

PALU|SINARSUMSEL.COM – Lion Air yang tergabung dalam Lion Air Group memberikan keterangan resmi mengenai penerbangan bernomor JT 720 rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng (CGK) menuju Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu, Sulawesi Tengah (PLW) yang mengalami keterlambatan panjang (long delay) empat jam dikarenakan cuaca buruk dengan jarak pandang pendek hanya 1 km di Palu, yang tidak memenuhi persyaratan standar opoerasional penerbangan.

Untuk keselamatan seluruh penumpang dan kru, Lion Air bekerjasama dengan pengelola bandar udara, AirNav dan pihak terkait setempat, sehingga JT 720 melakukan pengalihan pendaratan (divert) ke Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (UPG) dan mendarat dengan selamat pukul 09.55 WITA. Pesawat seharusnya tiba di Palu pukul 08.30 WITA.

Setelah mendapatkan keterangan mengenai kondisi cuaca di Palu membaik dan aman untuk proses penerbangan, JT 720D lepas landas dari Makassar pukul 10.50 WITA dan mendarat di Palu pada 12.40 WITA. Penerbangan tersebut menggunakan Boeing 737-800NG beregistrasi PK-LJY, membawa tujuh kru serta 179 penumpang dewasa, dua anak-anak dan empat bayi dengan pimpinan Capt. Thomas Ibau.

Lion Air telah menginformasikan dengan jelas kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak. Dari kejadian ini, rute yang terganggu adalah Palu menuju Cengkareng dan ke Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah (PKY).

Lion Air sudah menerbangkan JT 723 dari Palu tujuan Cengkareng pada 13.25 WITA menggunakan pesawat yang sama. Rute ini mengangkut 184 penumpang dewasa, tiga anak-anak dan lima bayi dengan komando Capt. Sinan Arikan. Pesawat tiba di Cengkareng pukul 15.10 WIB. Situasi tersebut merupakan force majeure, kondisi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan. Namun, Lion Air akan meminimalisir akibat yang timbul, agar jaringan penerbangan lainnya tidak terdampak.[]REL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here