SMA Bukit Asam Juara I Tingkat Provinsi Sumsel

0
32

Berhak Mewakili Sumsel ke Tingkat Nasional”

TANJUNG ENIM I SINARSUMSEL – Prestasi membanggakan ditorehkan oleh SMA Bukit Asam (SMABA) Tanjung Enim di ajang lomba Pustakawan tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2020. Bagaimana tidak, SMA Bukit Asam yang bernaung di bawah Yayasan Bukit Asam (YYBA) telah membawa harum nama Kabupaten Muara Enim dengan meraih penghargaan pada gelaran acara lomba Pustakawan tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020.

Perlombaan itu sendiri terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Perpustakaan Desa, lomba perpustakaan sekolah lanjutan tingkat pertama dan lomba bercerita. Dari ke-3 kategori tersebut Kabupaten Muara Enim berhasil menyabet 4 prestasi, salahsatunya adalah juara 1 lomba perpustakaan sekolah tingkat SMA yang diraih oleh SMA Bukit Asam Tanjung Enim dan berhak mewakili Provinsi Sumatera Selatan ke tingkat Nasional.

Adapun kategori yang dimenangkan lainnya adalah, Juara Harapan 1 lomba bercerita tingkat SD/MI tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang diraih oleh Salsabilah Azzahra dari SD 13 Lawang Kidul. Juara 1 lomba perpustakaan desa terbaik tingkat Provinsi Sumatera Selatan yaitu Desa Embawang dan Juara Harapan 2 lomba perpustakaan desa terbaik tingkat Provinsi Sumatera Selatan yaitu Desa Pandan Enim. Dengan begitu secara keseluruhan kabupaten Muara Enim berhasil meraih sebanyak 4 kategori yang di perlombakan di ajang lomba Pustakawan tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2020.

Rangkaian perlombaan itu sendiri telah berlangsung di bulan Juli 2020 yang lalu dan digelar secara online dalam rangka melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Meskipun begitu, penyelenggaraan perlombaan di masa pandemi ini tidak berkurang keseruannya terutama pada kategori lomba bercerita yang diikuti anak usia sekolah dasar.

“Alhamdulilah, ini berkat kerja tim SMABA, terutama pihak Yayasan Bukit Asam, bapak/ibu guru, dan para siswa. Kami mewakili kabupaten Muaraenim untuk mengikuti lomba perpustakaan di tingkat provinsi. Setelah lebaran Idul fitri kemarin semua persiapan lomba sudah kami siapkan di tingkat provinsi meskipun dalam kondisi covid-19 dan semua berkas perlombaan langsung dikirim ke panitia lomba di provinsi,”ujar Kepala SMA Bukit Asam, Tenny Dahyani, S.Pd saat di hubungi sinarsumsel.com, Sabtu (8/8/2020) kemarin.

Dikatakan Tenny, tim SMABA sangat bersemangat dalam menghadapi lomba meski dalam keadaan seperti saat ini. “Karena kami yakin meskipun dalam keadaan pandemi covid kami masih bisa memberikan prestasi. Tanggal 9 Juli 2020 yang lalu kami mendapatkan pemberitahuan oleh perpustakaan daerah Sumatera Selatan bahwa kami ditetapkan oleh juri perlombaan tingkat provinsi untuk lanjut di tingkat Nasional,”tukasnya.

Masih kata Tenny, penyerahan hadiah tingkat provinsi tanggal 5 Agustus 2020, diwakili oleh kepala perpustakaan Kabupaten Muara Enim dan menurut informasi dari Kepala Perpusda kabupaten Muara Enim akan diberikan lansung oleh Plt Bupati Muara Enim.

“Kami menunggu info dari Kepala Perpusda Kabupaten Muara Enim kapan akan dilakukan penyerahan hadiahnya. Untuk sakarang tim SMA BA telah menyiapkan kembali berkas-berkas perpustakaan serta materi paparan yang akan kita sampaikan ke tim juri ditingkat nasional, apakah nantinya kami akan ke Jakarta langsung atau bagaimana nantinya kami akan di informasikan lebih lanjut oleh tim Peprusda Sumsel. Jika nantinya kami akan paparan lewat daring karena keadaan covid, kami tim SMA BA sudah siap dengan semua yang akan kami tayangkan,”terangnya.

“Tak lupa kami sampaikan ucapan terimakasih kepada Perpusda Muara Enim atas bantuannya, Perpusda Sumsel atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk lanjut ke tingkat Nasional, serta kepada PTBA melalui Yayasan Bukit Asam (YYBA) yang tidak henti-hentinya memberikan kami dukungan dalam perlombaan ini, karena bagi kami perpustakaan adalah jendelanya ilmu pendidikan, sehingga kami bisa memberikan dan membantu sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Muaraenim,”tutupnya.

Sebelumnya, penyerahan penghargaan lomba diserahkan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan, Mislena, SE, MM, di Ruang Aula Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (5/8/2020) lalu.

Untuk pemenang juara 1 pada masing-masing kategori akan dibawa berlaga di tingkat nasional.

“Pada prinsipnya lomba pustakawan terbaik untuk tingkat provinsi dan pemenangnya akan dibawa ke tingkat nasional,” ujar Mislena,seperti yang di kutif dari Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Sementara itu, Plt. Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Muara Enim, Ir. Maryana sangat bangga akan prestasi yang telah diraih Kabupaten Muara Enim dan akan men-support penuh para pemenang lomba pada tingkat selanjutnya. (HAI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here