Tahun 2019, SMA Plus 17 Akomodir 2 Jalur PPDB

0
271

PALEMBANG|SINARSUMSEL.COM – Selain menerima 360 siswa baru, Pada tahun ajaran 2019/2020 nanti, Sekolah Menengah Pertama (SMA ) Plus Negeri 17 Palembang akan mengakomodir 2 jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua PPDB SMA Plus Negeri 17 Palembang, H. Efrin Sofyan, S.Pd, M. Si, saat menggelar jumpa pers, di SMA Plus Negeri 17 Palembang, Selasa (8/1/19).

“Ada 2 jalur pada PPDB yang kita akomodir ada penerimaan ini, jalur PMPA dan Jalur Tes Mandiri, pendaftarannya akan dibuka secara online pada 14 sampai 19 Januari 2019 ini,”ungkapnya.

Dijelaskan Efron, Untuk PMPA hanya diperuntukkan bagi sekolah yang diundang khusus dan memenuhi syarat, sedangkan pendaftaran Jalur tes mandiri dilaksanakan melalui website www.sman17plg.sch.id dan calon peserta tes mengisi formulir perndaftaran secara online dan mencetak bukti formulir pendaftaran tersebut.

“Nanti bisa dilihat langsung ke website kita, berkas apa saja yang akan disiapkan setelah mencetak bukti formulir dan nanti akan diverifikasi,” jelasnya.

Apabila memenuhi syarat, calon peserta akan menerima print out bukti hasil verifikasi dan Nomor Tes Potensi Akademik (TPA).

Senada dengan hal itu, Kepala Sekolah SMA Plus Negeri 17 Palembang, DR. Parmin, S.Pd, M.M menjelaskan, pada tahun pelajaran 2019/2020 SMA Negeri Plus mulai menerapkan tes mandiri dengan berbasis komputer yang mana hasil tesnya dilaksanakan sesaat setelah jadwal tes TPA hari / sesi terakhir selesai.

“Jadi orang tua peserta tes bisa langsung tahu hasilnya dan kesemuanya dilakukan secara transparan oleh tim IT kita,” ucapnya.

Diprediksi akan ada sekitar 800 pendaftar yang akan mengikuti seleksi nantinya dan akan ditempatkan di 4 ruang laboratorium yang nyaman dengan kapasitas komputer per ruangan sebanyak 35 unit.

Soal TPA nya nanti dikatakan Parmin, untuk peminatan IPA terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 25 soal, Bahasa Inggris 25 soal, Matematika 25 soal, Fisika 10 soal, Biologi 10 soal dan Kimia sebanyak 5 soal.

Sedangkan untuk Peminatan IPS, pelajaran Bahasa Indonesia 25 soal, Bahasa Inggris 25 soal, Matematika 25 soal, Ekonomi 8 soal, Geografi 8 soal dan Sejarah 8 soal.

“Penilaiannya nanti akan ditambahkan dengan bobot nya dan ditambah hasil TPA dengan persentase 40 % dan 60 % ,” ujarnya.(Nata)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here