Bangunan Sekolah Swasta di Semendo Ini Nyaris Terbawa Longsor

0
123
Ket Foto : Tampak dari arah belakang bangunan sekolah swasta MI Raudhatun Nasihin di Desa Siring Agung, Kecamatan SDU, Kabupaten Muara Enim ini, nyaris terbawa longsor yang terjadi Sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa (27/11/2018) sore.

MUARA ENIM|SINARSUMSEL.COM – Akibat intesitas curah hujan yang akhir-akhir ini sangat tinggi, sebuah bangunan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudhatun Nasihin yang terletak di Desa Siring Agung, Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan ini nyaris terbawa longsor yang terjadi Sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa (27/11/2018) sore.

Beruntung tidak ada korban maupun kerusakan bangunan sekolah ini, namun kondisi sebuah ruangan nyaris ambruk, karena tanah di tepi bangunan itu amblas, akibat tembok penahan di tepian itu ambrol.

Tembok yang dibangun sekitar tahun  1997 itu panjangnya lebih kurang 10 meter dengan ketinggian 3 meter. Meski saat pembangunan kedalaman pondasi  sudah mencapai 1 meter namun karena termakan usia dan curah hujan yang cukup lebat hingga membuat tembok tersebut tidak mampu bertahan.

Kepala MI Raudhatun Nasihin Siring Agung Anwar, SPd, saat dihubungi melalui pesan Wats App (WA), membenarkan peristiwa itu. Dia menyampaikan satu ruang belajar terancam ambruk kalau tidak cepat di perbaiki, sementara pihak sekolah sejauh ini tidak ada dana untuk lakukan perbaikan kembali tembok penahan tersebut.

“Proses belajar mengajar di ruangan ini, sementara waktu kita pindahkan ke kelas lain. Karna gedung yang itu tidak layak lagi dipakai, khawatir akan ambruk apabila tanah terus turun,” kata Anwar.

Untuk itu pihaknya sangat berharap uluran tangan pemerintah untuk menangani permasalahan ini, supaya proses belajar mengajar tidak terganggu, apalagi ruang sekolah tidak cukup, setelah adanya peristiwa ini.

“Memang sejauh ini anak didik kita akan terus beraktifitas seperti biasa, namun kami pindahkan ke ruangan lain, supaya kami tidak was-was saat belajar mengajar. Kami khawatir terjadi longsor susulan, dari itu kami mohon pemerintah cepat turun tangan membantu kami,” papar Anwar. (HAI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here